DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH DJBC ACEH

KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TMP C LANGSA

Search

Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Langsa Laksanakan Boatzoeking Kapal dari Malaysia

Langsa, Senin (13/3) – Sebagai bentuk pengawasan dan penegakan hukum kepabeanan dan cukai, khususnya di wilayah laut, Bea Cukai berwenang dalam mengawasi dan memeriksa sarana pengangkut laut melalui mekanisme patroli laut dan boatzoeking. Pemeriksaan sarana pengangkut laut atau boatzoeking dilaksanakan petugas Bea Cukai pada kapal yang memasuki daerah pabean atau wilayah Indonesia, baik kapal niaga maupun kapal wisata/pesiar, sebelum kapal tersebut sandar ke dermaga.

Pada hari Sabtu (11/3) lalu, sebagai bagian dari CIQ (Customs, Immigration, and Quarantine) dan dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Kepabeanan terkait kedatangan sarana pengangkut laut yang berasal dari luar negeri, Bea Cukai Langsa melaksanakan Boatzoeking terhadap dua sarana pengangkut berupa kapal kayu yang berlayar dari Malaysia. Diketahui dua kapal tersebut, yang bernama KM. Bowou Farongo dan KM. Nagata, merupakan kapal yang mengangkut barang ekspor perdana dari Pelabuhan Kuala Langsa menuju Malaysia pada hari Selasa (7/3) pekan lalu. Kegiatan Boatzoeking kali ini dilaksanakan di Pelabuhan Kuala Langsa oleh petugas dari unit Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Langsa.

Kepala Kantor Bea Cukai Langsa, Sulaiman, menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan boatzoeking, petugas Bea Cukai akan mencocokkan dokumen kapal, seperti manifes dan lampirannya, dengan jumlah dan jenis kemasan barang-barang yang berada di atas kapal, serta melalukan pemeriksaan dalam ruang-ruang yang ada di kapal.

“Tujuan dari kegiatan boatzoeking ini ialah untuk mengetahui apakah ada barang yang tidak diberitahukan dan barang yang disembunyikan, dengan ini petugas dapat mencegah kemungkinan terjadinya usaha/percobaan penyelundupan yang dilakukan oleh orang atau sindikat yang bekerja sama dengan awak kapal” ujar Sulaiman, lengkapnya.

Bea Cukai Langsa akan terus berkomitmen untuk selalu mengoptimalkan pengawasan guna mencegah adanya pelanggaran kepabeanan dan cukai serta untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang terlarang.

#BeaCukai #BeaCukaiMakinBaik #Kemenkeu #BeaCukaiAceh #BeaCukaiLangsa #SIAP #Boatzoeking

Bagikan:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Berita lainnya:

Leave A Comment