DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH DJBC ACEH

KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TMP C LANGSA

Search

Campus Goes to Customs, Bea Cukai Langsa Terima Kunjungan Mahasiswa FEBI IAIN Langsa

Langsa, Rabu (15/6) – Bea Cukai Langsa menerima kunjungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) (@bemfebiiainlangsa), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) (@iainlangsa) Langsa pada hari Senin (13/6) kemarin. Kunjungan ini merupakan kegiatan kunjungan belajar yang menjadi agenda rutin dari IAIN Langsa yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasann mahasiswanya tentang kepabeanan dan cukai.

Acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Tajul ‘Ula, Perwakilan Dosen dari FEBI IAIN Langsa, yang mana dalam sambutannya beliau berharap agar mahasiswa dapat memahami tugas dan fungsi yang Bea Cukai emban serta dapat langsung mengetahui peran Bea Cukai yang telah terimplementasikan di dibawah wilayah pengawasan Bea Cukai Langsa, khususnya Kota Langsa dan sekitarnya.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan sekaligus penyampaian materi pembuka yang disampaikan oleh Sulaiman, Kepala Kantor Bea Cukai Langsa, yang mana dalam materi nya beliau menyampaikan bahwa terdapat empat fungsi utama yang harus dijalankan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, antar lain; Revenue Collector; Community Protector; Trade Facilitator; Industrial Assistance.

“Dengan empat fungsi yang dimiliki oleh DJBC tersebut membuktikan bahwa cukup banyak tugas yang diemban oleh Bea Cukai, oleh sebab itu kami berharap kepada adik-adik mahasiswa untuk dapat membantu kami dalam melaksanakan tugas menjaga Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal” Ujar Sulaiman dalam penyampaian materinya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait kepabeanan, cukai, dan juga mekanisme perhitungan bea masuk dan pajak dalam rangka impor oleh Pejabat Fungsional yang ada di Kantor Bea Cukai Langsa. Penyampaian materi berlangsung interaktif dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa.

Acara ditutup dengan game quiz yang diikuti oleh seluruh mahasiswa, yang mana game quiz ini berisikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan.

Diharapkan dari acara ini dapat menambah wawasan para mahasiswa tentang dunia kepabeanan dan cukai dan juga dapat mengetahui tugas Bea Cukai dalam melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal serta dapat menjadi mitra Bea Cukai dalam melaksanakan tugas.

#BeaCukai #BeaCukaiRI #BeaCukaiMakinBaik #Kemenkeu #BeaCukaiAceh #BeaCukaiLangsa #SIAP #CampusGoestoCustoms #KunjunganBelajar #KemenkeuSatuAceh #BCLangsaWBBM2023

Bagikan:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Berita lainnya:

Leave A Comment