DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH DJBC ACEH

KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TMP C LANGSA

Search

Pastikan Tepat Sasaran, Bea Cukai Langsa Pantau Alokasi DBHCHT ke Pemda

Langsa, Sabtu (22/5) – Jalankan amanat PMK-215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Bea Cukai Langsa terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dibawah wilayah pengawasan Bea Cukai Langsa untuk merumuskan secara efektif penggunaan DBHCHT yang tepat sasaran. Alokasi DBHCHT terbagi dalam beberapa bidang, antara lain kesejahteraan masyarakat, penegakan hukum, dan kesehatan.

Pada hari Rabu (18/5), Bea Cukai Langsa telah mengadakan rapat koordinasi yang diselenggarakan secara daring yang diikuti oleh Tim DBHCHT dari Kantor Bea Cukai Langsa bersama dengan pemerintah daerah yang ada dibawah wilayah pengawasan Bea Cukai Langsa guna membahas Rencana Pelaksanaan Kegiatan Penegakan Hukum dalam rangka pemanfaatan DBHCHT tahun 2022.

Kepala Kantor Bea Cukai Langsa, Sulaiman menjelaskan bahwa dengan diterbitkannya PMK 215 pada tanggal 31 Desember 2021, terdapat perubahan besaran alokasi DBHCHT, untuk bidang kesejahteraan masyarakat sebesar 50%, kesehatan 40%, dan penegakan hukum 10%. Sebagai tindak lanjut perubahan tersebut, Bea Cukai Langsa bersama pemda di berbagai daerah dibawah wilayah pengawasan Bea Cukai Langsa telah menyampaikan rencana kerja atas penggunaannya, baik terkait rincian anggaran atau kegiatan di tahun 2022, khususnya di bidang penegakan hukum.

“Selain membahas alokasi dana dan rencana kegiatan, kami juga menekankan terkait penilaian kinerja pemerintah daerah dalam penggunaan DBHCHT di bidang penegakan hukum sesuai SE-4/BC/2022. Dengan harapan pengelolaan DBHCHT tahun 2022 dapat lebih optimal” ujar Sulaiman saat membuka rapat.

Semoga langkah koordinasi ini menjadi awal yang baik dalam pemanfaatan DBHCHT di berbagai daerah. Perlu dukungan dari berbagai pihak untuk merealisasikannya berbagai rencana ini. Untuk itu mari berkoordinasi dengan tujuan untuk membantu kesejahteraan, penegakan hukim, dan kesehatan masyarakat melalui DBHCHT.

#BeaCukai #BeaCukaiRI #BeaCukaiMakinBaik #Kemenkeu #BeaCukaiAceh #BeaCukaiLangsa #SIAP #DBHCHT #2022 #KemenkeuSatuAceh

Bagikan:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Berita lainnya:

Leave A Comment